Kamu Tahu Ga Apa Itu Internet Of Everything?

0

Halo Sobat MSP! Apa kabar? Hari ini mimin mau sharing tentang Internet of Everything (Internet Segalanya) atau yang sering disebut sebagai IoE. Simplenya untuk dipahami, IoE adalah ketika semua hal terhubung dengan internet.

Sebelum ada IoE sebenarnya udah ada Internet of Thing (IoT). Kalau IoT adalah semua benda terkoneksi dan bisa ‘berkomunikasi’ via jaringan internet, maka IoE menyempurnakan konsep tersebut. IoE memungkinkan semua hal terkoneksi, mulai dari manusia, data, proses, dan benda-benda, semuanya terhubung via internet.

Dalam salah satu konsep IoE, data setiap benda disajikan secara digital dan bisa diakses kapanpun. Misalnya kamu itu punya peliharaan kucing atau anjing dirumah, terus kamu takut peliharaanmu kamu kepanasan, kamu bisa dengan jarak jauh menggunakan internet, membuka AC untuk mereka gitu guys. Seru yah? Greget greget gimana gitu guys.

Seperti yang dibahas, IoT berfokus terutama pada benda-benda fisik yang berkomunikasi satu sama lain.

Perbedaannya apa yah? IoE memiliki koneksi yang cerdas. Menggunakan objek fisik berkomunikasi, kecerdasan jaringan digunakan untuk membawa semua konsep bersama ke sistem yang menyatu.

Contoh sederhana untuk menjelaskan tentang “Internet of Things“ misalnya jalur kereta api yang didalamnya termasuk rel dan koneksi, sedangkan “Internet of Everything” adalah semua bagian jaringan yang menggerakkan sistem mulai dari kereta, mesin tiket, staf, pelanggan, kondisi cuaca, dll.

Tapi hal ini menurut Cisco, tetap ada kelemahan sendiri loh guys. Cisco System (Cisco) sendiri  adalah perusahaan internet yang menjual jaringan dan komunikasi teknologi, peralatan dan pelayanan untuk transportasi data, suara dan video ke seluruh dunia.

internet of everything

“Keamanan dan privasi di masa IoE adalah tantangan yang sangat kuat. Teknik keamanan klasik tidak selalu berfungsi dan dengan lebih banyak perangkat, ada lebih banyak kerentanan.” tutur Cisco. “Seiring berkembangnya zaman, perangkat dan jaringan akan bertumbuh dan berkembang pesat untuk mengidentifikasi, menemukan dan menghentikan segala ancaman berbahaya.” lanjut Cisco.

Cisco meyakini bisnis terkait IoE nilainya akan sangat besar. Dalam sepuluh tahun terakhir, Cisco memprediksi potensi uang berputar di bisnis IoE mencapai US$ 19 triliun.

Nah udah tahu kan apa itu Internet of Everything, kamu juga bisa menemukan berbagai gadget yang bisa kamu hubungkan dengan koneksi internetmu di mymspmall.id. Baca juga, Face App Aplikasi Pembuat Wajah Menjadi Tua

Sumber : pcplus, beritabeas, androicloud, cisco,internetofthingsagenda,etc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *