Apa sih Bahasa tersulit di dunia? Asia ada 3 loh!

0

Sebuah penguasaan bahasa ‘baru’ akan membuka kesempatan dan peluang baru dalam banyak hal. Karier, berwisata, dan pertemanan Anda bisa meningkat ke level selanjutnya. Penguasaan bahasa asing juga akan membuat ‘nilai’ Anda lebih tinggi di mata orang lain.  Mempelajari bahasa asing adalah salah satu upaya untuk terhubung dengan masyarakat dari seluruh dunia. Saat kita berinteraksi dan berkomunikasi untuk menyampaikan suatu maksud, maka Anda butuh bahasa sebagai media penyampainya.

Apalagi saat Anda hendak ke sebuah negara asing. Setidaknya, penguasaan kalimat-kalimat dasar menjadi sangat penting untuk berkomunikasi. Semakin banyak bahasa yang dikuasai, maka pandangan Anda di mata orang akan semakin tinggi. Sayangnya, menguasai berbagai bahasa tidaklah semudah membalik lembaran buku. Setiap bahasa memiliki tingkat kesulitannya masing-masing.

Tak semua bahasa asing mudah untuk dipelajari. Sejumlah bahasa di beberapa negara kabarnya sangat sulit dipelajari. Namun, secara umum ada beberapa bahasa yang memang dianggap paling sulit dikuasai oleh orang di seluruh dunia, seperti dikutip dari ehow.

 

  1. Jepang

Bahasa ini sering dianggap sebagai bahasa yang paling sulit dipelajari. Meski terlihat sangat simpel, namun kenyataannya bahasa Jepang cukup kompleks secara harafiah. Anda akan sangat kesulitan belajar bahasa Jepang hanya dengan membacanya, apalagi jika buku tutorialnya ditulis dengan huruf Jepang.Masyarakat Jepang tidak terbiasa untuk menulis dengan menggunakan huruf romawi. Mereka terbiasa untuk menulis dalam aksara Jepang yaitu hiragana, katakana dan kanji.

Selain itu, tingkat kesulitan bahasa Jepang ini juga terlihat dari struktur kalimatnya. Struktur kalimat dalam bahasa Jepang akan sangat membingungkan untuk seseorang yang terbiasa dengan struktur bahasa lainnya.

  1. Mandarin

Mandarin adalah salah satu dari banyak bahasa yang dikeluhkan sangat sulit untuk dipelajari, terutama bagi penutur yang di negaranya menggunakan bahasa Inggris. Hal yang membuat Mandarin sulit dipelajari karena banyak karakter yang sangat rumit, ada banyak idiom dan nada bahasa. Sebuah perbedaan kecil pada tekanan huruf yang ditulis akan melambangkan perbedaan makna. Bahasa mandarin memiliki empat nada yang berbeda dalam setiap pengucapannya. Bahasa ini juga memiliki homofon (sama pengucapannya namun arti yang berbeda tergantung kalimat yang mengikutinya) dalam jumlah yang cukup banyak.

Mempelajari Bahasa Mandarin tak asal bunyi saja. Ada nada yang diatur. Ada sejumlah kata yang dibaca dengan nada berbeda. Jika berbeda nada, maka akan berbeda artinya.

  1. Rusia

Selanjutnya ada Bahasa Rusia. Dikatakan sulit, karena para pemula akan menghadapi sejumlah rintangan dalam mempelajari Bahasa Rusia. Bagi mereka yang sudah terbiasa bicara dalam Bahasa Inggris, bunyi dalam bahasa ini sangatlah asing. Belum lagi bentuk alfabet yang terlihat sulit untuk diingat.Dalam belajar Bahasa Rusia, seseorang harus mengucapkan setiap kata dengan lugas dan jelas, meski bagi orang asing itu terdengar seperti kumur-kumur. Rusia dinobatkan sebagai bahasa paling sulit dikuasai karena sistem penggunaan alfabet yang berbeda dari biasanya. Bahasa Rusia menggunakan alfabet Cyrillic. Begitu banyaknya alfabet Rusia akan sangat memusingkan bagi para pemula. Intonasi kata dalam bahasa Rusia juga sangat membingungkan. Tak ada aturan tertentu yang menekankan pembedaan satu kata dari kata lainnya, sehingga semuanya harus dipelajari.

  1. Arab

Bahasa Arab memiliki tantangan tersendiri untuk menguasainya. Meskipun alfabetnya hanya terdiri dari 28 huruf, namun huruf-huruf ini bisa berubah bunyinya sesuai dengan huruf di sekitarnya.

Seiring dengan kesulitan kata-kata yang tertulis, huruf Arab juga diakui sebagai bentuk seni karena ditulis dari kanan ke kiri. Intonasi dan nada pengucapan bahasanya pun memiliki aturan tersendiri. Ada beberapa kata yang harus diayun dalam pengucapannya.

Meski bahasa Arab diucapkan di lebih dari 20 negara, namun setiap negara memiliki dialek tertentu.

  1. Georgia

Georgia adalah negara yang terletak di benua Eropa. Negara pecahan Uni Soviet ini rupanya juga memiliki bahasa yang sulit untuk dipelajari. Sama seperti Mandarin dan Rusia, bahasa Georgia memiliki sistem tulisan tersendiri. Misalnya penggunaan huruf, ვ, კ, პ, ჰ, ყ, ფ, გ, dan ც.Huruf-huruf di atas memiliki pengucapan yang berbeda-beda meski kita orang awam menganggapnya sama.

 

Nah inilah beberapa bahasa tersulit di dunia, apakah salah satu dari sobat menguasai satu dari bahasa diatas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *