ASI Buat Si Kecil Obesitas? Ini Faktanya!

0

MSP MALL – Air Susu Ibu (ASI) tak ubahnya makanan pokok untuk bayi, sehingga makanan alami ini tidak tergantikan oleh makanan lainnya. ASI mengandung semua nutrisi yang diperlukan bayi selama enam bulan pertama dan memenuhi setengah kebutuhan nutrisi bayi hingga dua tahun masa kehidupannya. ASI juga bisa mengurangi tingkah brutal pada anak. Sebab dalam susu itu ada mineral (mangan) yang mempengaruhi agresifitas makhluk hidup.

Karena kandungan nutrisi yang luar biasa, membuat beberapa ibu beranggapan bahwa dengan sering memberi ASI akan membuat bayi menjadi obesitas. Padahal faktanya adalah hal sebaliknya, ASI justru bisa mencegah anak obesitas, karena di dalam ASI ada kandungan zat yang membuat dia langsung berhenti sesaat setelah dia merasa kenyang.

Menurut penelitian, ternyata yang menyebabkan obesitas adalah tambahan makanan lainnya yang diberikan pada bayi, akan memicu tubuh bayi untuk membentuk sel lemak lebih awal dari biasanya. Gejala obesitas pada anak ditandai dengan berat badan yang tidak sesuai dengan tinggi badan dan melebihi batas normal anak seusianya. Berbeda dengan kegemukan, anak yang mengalami obesitas memiliki penumpukan lemak yang sangat banyak seluruh tubuh terutama pada lengan atas, perut dan pinggang.

Ohiya, ayi yang mendapat ASI eksklusif akan tumbuh lebih cepat pada 2 hingga 3 bulan pertama kehidupannya. Hasil penelitian menunjukkan bayi yang mendapat ASI sebelum usia 6 bulan mempunyai risiko rendah untuk mengalami kelebihan berat badan. Sebaliknya bayi yang mengkonsumsi susu formula lebih berisiko kelebihan berat badan.

Jadi buat para ibu, jangan khawatir karena bayinya minum ASI setiap 2 jam sekali, sebab banyaknya ASI yang diberikan tidak akan membuat si buah hati kegemukan, karena banyak hal-hal baik yang terkandung di dalam ASI. Minum ASI jadi mudah lapar karena ASI makanan setengah jadi sehingga cepat diserap tubuh yaitu selama 2 jam, sementara kalau susu formula tahan 4-6 jam karena ia mengendap dahulu, sehingga lebih tidak mudah lapar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *