Cara Memperpanjang Usia ala Adat Tiongkok

0

Konon katanya, petuah petuah Tiongkok banyak sekali yang berumur panjang. Mimin juga pernah bertemu dengan seorang nenek ketika di China, dan umurnya sudah 120 loh guys. Sekarang, mimin mau berbagi rahasia umur panjang ala adat Tiongkok kuno.

  1. Hindari sifat emosional dan kondisi stres berkepanjangan

Menurut Immanuel Kant, amarah adalah kesalahan orang lain, kita menghukum diri sendiri.  Orang yang emosionalnya tinggi, sering marah-marah, hormonal adrenalin di dalam darah jadi meningkat, sehingga tekanan darah naik melebihi batas normal.

  1. Menjalankan hukum yin yang

Kesehatan yang sempurna hanya bisa diraih dengan memelihara kesehatan fisik (yang) dan memupuk kebajikan dalam hidup spiritual (yin). Jika sudah bisa mencapai level ini kita akan bisa merasakan kebahagiaan dan harmoni

  1. Rendah hati dan tidak ingin menonjolkan dir

Orang yang panjang umur adalah orang yang memiliki pikiran tenang, rendah hati, tidak banyak bicara. Mereka tidak suka menonjolkan diri, tidak mengeluh dan tidak suka menyalahkan orang lain. Dengan kata lain, panjang umur akan tercapai ketika orang mampu menciptakan ketenangan dan kedamaian.

  1. Mengurangi egoisme dan hidup sederhana

Orang yang hidupnya sederhana, adalah orang yang tidak banyak keinginan, tidak tertarik pada hal duniawi secara berlebihan, tidak sombong dan memiliki pikiran yang tenang dan sederhana.

  1. Bersabar dan mau mengalah

Orang yang panjang umur selalu berpikir positif, sabar dan tenang dalam menghadapi persoalan. Orang  yang mau sabar dan mengalah, jiwanya menjadi tenang.

  1. Toleransi tinggi dan menerima apa adanya

Ada banyak hal kasus yang biasanya tidak berkenan di hati kita. Ini adalah realitas yang sebaiknya kita terima apa adanya tanpa mengeluh dan menyalahkan orang lain. Dengan berpikir demikian pikiran kita bisa menjadi tenang, jernih dan damai

  1. Hidup sesuai hati nurani

Salah satu cara untuk bisa berumur panjang adalah melakukan hal-hal yang sesuai hati nurani. Karena dengan melakukan hal yang tidak bertentangan dengan diri maka tak akan terbebani  perasaan bersalah sehingga hidupnya tenang dan tidak gelisah.

  1. Suka memberi dan melayani

Berdasarkan penelitian, rata-rata orang yang suka memberi dan melayani akan berumur panjang. Seperti kata Konfusius, orang yang punya rasa cinta kasih, panjang umurnya. Pemberian tidak harus selalu dalam bentuk materi, yang diperlukan adalah sentuhan kasih sayang.

  1. Kerja dan istirahat seimbang

Idealnya setiap orang perlu waktu 8 jam untuk tidur. Jika tidurnya kurang bisa ditambah dengan tidur siang satu atau dua jam. Kualitas tidur yang baik adala tidur nyenyak seperti bayi. Mereka yang banyak pikiran dan masalah dalam hidup memiliki kualitas tidur yang rendah, banyak mimpi buruk

  1. Berilah kasih sayang dan berbaktilah kepada orang tua

Orang yang berbakti dan mendampingi orang tuanya umumnya lebih sehat dan jiwanya lebih tenang damai daripada anak yang tidak mau berbakti. Orang yang mempunyai moralitas tinggi akan sangat mencintai dan sayang kepada orang tuanya.

Jadi sudah tau kan rahasia Tiongkok kuno untuk memiliki umur yang panjang. Ikutin cara-cara diatas agar kamu dapat berumur panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *