Joker : Si Badut Gila yang Tuai Kontroversi

0

MSP Mall – Tidak ada jubah, tidak ada kekuatan khusus dan tidak ada pertempuran antara baik dan jahat dalam film “Joker” yang baru-baru ini tayang. Sebelum ini, Joker dikenal dengan penggambaran penjahat paling terkenal dalam sejarah buku komik dengan sentuhan mengerikan dalam 50 tahun terakhir.

Joker yang tayang di Indonesia mulai Rabu (2/10) menyita perhatian dunia. Di luar pencapaiannya di berbagai festival film, Joker memicu kontroversi. Penghayatan tingkat tinggi aktor Joaquin Phoenix sebagai Joker, dikhawatirkan menginspirasi masyarakat awam yang mentalnya kurang stabil untuk melakukan aksi serupa.

Alur cerita yang berbeda dengan komik menjadi hal pertama membuat film ini menjadi kontroversi, sebab banyak fans DC Comic yang menyayangkan itu. Bahkan film ini tidak bersinggungan dengan Batman yang akan dimainkan Robert Pattinson. Joker akan diikuti sejumlah biografi para musuh.

Joker bercerita tentang seorang pria paruh baya bernama Arthur Fleck (Phoenix) yang sehari-harinya bekerja sebagai seorang badut panggilan. Arthur dikucilkan masyarakat kian diperparah dengan sindrom pathological laughter yang ia idap, di mana ia kerap tertawa terbahak-bahak secara tiba-tiba di luar kontrol dan kemauannya.

Hidup Arthur yang menyedihkan mulai berubah ketika ia membunuh tiga orang di dalam kereta yang mem-bully-nya dengan pistol. Adegan kekerasan pun mulai bermunculan setelah itu, itu lah kenapa akhirnya film ini dilabel R.

Tapi sebenarnya adegan brutal yang kental dengan vandalisme dan anarki itu kan memang sesuai dengan sosok Joker. kegilaan yang dilakukan Joker sebetulnya adalah gambaran simpel dari hukum sebab akibat dan bentuk perlawanan terhadap penindasan. Pada akhirnya, label orang baik dan orang jahat hanya masalah perspektif.

Setidaknya dibalik kontroversinya itu, Joker berhasil memperoleh US$5,4 juta dari 43 pasar internasional dengan capaian tertinggi berasal dari Korea Selatan dengan US$2,3 juta pada penayangan perdananya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *