Kabinet Baru, Ini Mobil Dinas Para Menteri

0

MSP Mall – Jika mobil kepresidenan masih menunggu tahun depan untuk tiba di Tanah Air, kendaraan dinas para menteri kabinet Indonesia Maju sudah siap digunakan. Mobil berjenis Toyota Crown 2.5 HV G-Executive tersebut sudah siap untuk dipacu dijalanan.

Sedan mewah ramah lingkungan tersebut akan dipakai oleh pejabat setingkat menteri, pimpinan lembaga negara, mantan presiden, dan mantan wakil presiden. Totalnya sendiri mencapai 101 unit. Toyota Crown 2.5 HV G-Executive adalah varian dari Crown yang merupakan mobil hybrid, sesuai dengan kodenya HV (Hybrid Vehicle).

Keputusan pemakaian mobil berteknologi hybrid sendiri seakan beriringan dengan keinginan pemerintah melakukan percepatan elektrifikasi kendaraan di Indonesia.

Mobil ini dibekali mesin 2.5L Dynamic Force Engine Hybrid System. Tenaganya keseluruhannya diklaim mencapai 223 tk dengan torsi 221 Nm. Konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 19,4 km/L. Soal sistem keselamatan, Toyota menerapkan rangkaian fitur, seperti Toyota Safety Sense II yang meliputi fitur Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist (LTA), Automatic High Beam, Adaptive High Beam System. Terkait harga, di pasar Jepang mobil ini dibanderol 6,3 juta Yen.

Untuk ruang kabin, terdapat dua layar berukuran 8-inci dan 7-inci untuk Data Communication Module yang menjadi pusat pengaturan fitur-fitur di mobil. Kokpitnya terlihat elegan dengan aksen kayu dan pemilihan jok kulit terbaik.

Mobil ini menggantikan Toyota Crown Royal Saloon yang telah digunakan selama 10 tahun. Total sebanyak 101 unit Toyota Crown 2.5 HV G-Executive senilai Rp147,2 miliar disiapkan pemerintah untuk para pejabat negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *