Kabut Asap Kian Pekat, Ini Langkah Untuk Antisipasinya

0

Sebagian wilayah di Indonesia sedang diselimuti kabut asap, akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), dunia penerbangan dan pendidikan terganggu, beberapa penerbangan dibatalkan dan beberapa sekolah harus diliburkan karena keadaan kualitas udaru sudah tidak sehat.

Usut punya usut, Dampak dari kabut asap yang terjadi selama sepekan terakhir, sangat berbahaya bagi kesehatan. Selain penyakit jangka pendek, kabut asap juga bisa mengakibatkan penyakit yang sangat berbahaya, jika dihirup terlalu lama. Dampaknya sangat berpengaruh terhadap anak-anak, sehingga keputusan untuk meliburkan anak sekolah sangat tepat.

Kabut asap akibat karhutla sangat mungkin menyebabkan timbulnya sejumlah masalah kesehatan, meliputi: Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), Penyakit paru-paru obstruktif kronik (PPOK), Asma, Iritasi (mata, hidung, tenggorokan), hingga yang paling mengerikan dapat menimbulakan Penyakit kardiovaskular (jantung dan stroke).

Untuk meminimalisiri dampak Karhutla tersebut, Berikut beberapa cara menjaga kesehatan saat terjadi kabut asap :

Kurangi Aktifitas di Luar Ruangan

Saat kabut asap yang tengah pekat seperti ini sangat dianjurkan mengurangi kegiatan diluar ruangan. Jika kabut asap sudah sangat tebal, alangkah baiknya pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi segala aktivitas, baik perkantoran, perdagangan, hingga sekolah diliburkan untuk sementara waktu.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Mengonsumsi banyak buah adalah tips menjaga kesehatan saat kabut asap yang juga jangan sampai Anda lewatkan. Pasalnya, buah kaya akan kandungan antioksidan yang mana antioksidan ini berfungsi untuk mencegah terjadinya oksidasi di dalam tubuh akibat paparan zat-zat berbahaya yang terkandung pada kabut asap.

Gunakan Masker Khusus

Pernah dengar masker N95 atau N100 ?. Nah, ternyata masker ini memiliki tingkat proteksi yang lebih tinggi ketimbang masker biasa, dengan catatan masker harus benar-benar dalam kondisi baik (tidak robek) saat digunakan. Anda bisa mendapatkannya di apotek terdekat. ( https://m.mymspmall.id/product/netty-masker-mulut-korea-pelindung-hidung-debu-polusi-masker-pria-murah-allgood-navy

Perbanyak Minum Air Putih

Selain makan sayuran, perbanyak minum air putih juga disarankan, dengan banyak minum air putih akan membuat saluran pernafasan menjadi bersih, Saat ada paparan asap, tubuh secara tidak langsung terpapar racun, kotoran juga polutan lain. Air putih membantu mekanisme pembuangan kotoran dan racun yang masuk ke tubuh.

Periksakan Diri ke Dokter

Jika mulai merasakan tenggorokan sakit, sesak nafas itu menandakan Anda sudah layak untuk memeriksakan diri ke dokter,  agar efek buruk asap karhutla tidak menimbulkan gangguan kesehatan yang serius, jangan tunggu hingga bertambah buruk.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *