Kedai Kopi Apek Warung Kopi Legendaris Kota Medan

0

Halo sobat sobat MSP

Apa kabar?

Ada nga diantara sobat-sobat msp yang suka minum kopi kayak mimin? Bagi sobat-sobat MSP yang berdomisili di Medan tau nga tempat kopi yang legendaris di medan ? katanya sih uda dibuka sejak 1922 bayangkan berapa umurnya sekarang? Dikelola 3 turunan, sampai sekarang masih ramai dikunjungi orang-orang peminat kopi? Bisa ditebak gak guys?

kedai kopi apekKopi apek di jalan Hindu, Secangkir Kopi Hitam via instagram/@ardiashary

Selama hampir satu abad berlalu, pengelola bisnis kedai kopi apek sudah ganti generasi sebanyak tiga kali. Menariknya, rasa di setiap menu yang ditawarkan di sini tak berubah. Hal ini tidak hanya pilihan kopi yang digunakan, tapi juga teknik meracik yang masih sama seperti cara generasi pertama yaitu menggunakan kayu bakar, tidak menggunakan kompor gas, serta disajikan terpisah dengan susu kentalnya. Tempat duduk kayu yang kuno juga masih terawat dengan baik. Begitu pula dengan ornamen unik yang didominasi dengan kalender kuno bergaya China.

Dari banyaknya menu yang ditawarkan, cobanya mencicipi lezatnya kopi susu. Segelas minuman ini menggunakan bahan khas yaitu kopi Sidikalang. Menu ini disajikan dengan susu kental manis yang bila dicampur menciptakan rasa spesial. Kamu bisa memesan dalam sajian hangat, atau ditambah es untuk dingin. Tidak hanya Sidikalang, kamu juga bisa mencoba kopi hitam dari jenis robusta yang tak kalah nendang.

Makanannya juga ada roti bakar dengan olesan srikaya dan telur ayam kampung setengah matang yang dimakan dengan merica, garam dan kecap asin.

Kalau ingin makan kenyang bisa memesan bakmi atau kwetiau goreng yang ada di gerobak dinluar kedai. Dikenal enak karena dimasak saat dipesan. Atay beli saja jajan pasar seperti aneka gorengan, cakue, onde, talas dan kue puntir wijen di pasar yang tak jauh dari kedai ini.

mspmallTelur setengah matang yang jadi favorit di kedai ini. Foto: Mynametere Instagram

Tidak seperti kebanyakan es kopi sekarang, kedai legendaris di Medan ini justru meracik kopinya dengan campuran susu kental manis secara terpisah.

Kalau sedang berkunjung ke Medan, jangan lupa untuk mampir ke sini. Buka setiap hari, Anda bisa menikmati kopi sejak pukul 6 pagi hingga jam 2siang.

Seperti kedai kopi lokal lain di Sumatra. Kedai ini juga hanya fokus menjual kopi dan roti bakar. Kios-kios makanan di sekitarnya menyajikan aneka makanan yang boleh dinikmati di dalam kedai. Tentunya sambil menghirup kopi yang harum legit.

mspmallRoti panggang di Kedai Apek via instagram/@kimhua78

Tidak hanya menjual kopi, Kedai Kopi Apek juga menawarkan aneka camilan sedap. Salah satunya roti bakar yang diolesi dengan srikaya dan telur ayam setengah matang. Gorengan, cakue, onde-onde, talas, dan jajanan pasar lainya juga tersedia di sini. Menu berat seperti bakmi dan kwetiau goreng juga bisa kamu coba saat berkunjung ke sini. Tentunya lumayan untuk mengganjal perut yang keroncongan.

kedai kopi apekKwetiau goreng di Kedai Apek via instagram/@kimhua78

Tempat ngopi yang didirakan oleh orang tua Thia Tjo Lie atau Apek ini masih difavoritkan hingga saat ini. Bahkan, banyak anak muda yang penasaran dengan cita rasa kopi di sini. Bagaimana denganmu, penasaran dengan Kedai Kopi Apek ini kan?

Baca juga, Beli Pulsa Kekinian di E-Commerce Dapat Cashback 100%

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *