Libra Mata Uang Digital Buatan Facebook

1

Bulan lalu, Facebook menjadi berita utama ketika mereka mengumumkan rencana mereka untuk Calibra. Calibra adalah anak perusahaan baru dari Facebook yang berfokus pada layanan keuangan. Tujuan mereka akan berkisar pada pemanfaatan mata uang digital baru, didukung oleh blockchain, yang disebut Libra. Calibra pertama-tama akan memperkenalkan dompet digital dan diharapkan diluncurkan pada tahun 2020. Pengumuman dari Facebook ini telah menerima reaksi beragam baik dari crypto dan media mainstream.

Terlepas dari perbedaan pendapat, tampaknya ada konsensus. Alasan di balik konsensus adalah bahwa Facebook memiliki lebih dari 30% populasi seluruh dunia atau 2,38 miliar orang sebagai penggunanya. Adapun penduduk lainnya, hanyalah dua hal utama mengapa mereka tidak memiliki akun Facebook: tidak ada akses ke koneksi internet atau kebebasan memilih.

Koin digital pada dasarnya adalah koin yang stabil karena dipatok pada mata uang yang dikeluarkan pemerintah seperti USD, EUR, SGD, dll. Banyak cryptocurrency terdesentralisasi seperti Bitcoin atau Ethereum, sangat fluktuatif dalam penilaiannya. Facebook berupaya menciptakan mata uang digital yang lebih stabil untuk mendorongnya sebagai sarana memfasilitasi transaksi konsumen online biasa.

Namun, penting untuk dicatat bahwa sistem keuangan yang ada saat ini adalah teknologi mereka sendiri. Singkatnya, apa yang membuat Libra istimewa dibandingkan dengan sistem keuangan lainnya, adalah bahwa ia didukung oleh blockchain.

Asosiasi Libra terdiri dari perusahaan mitra dari layanan yang sukses dan diadopsi secara luas seperti PayPal, Uber, eBay, Spotify, dan banyak lainnya. Perusahaan-perusahaan ini akan bekerja bersama untuk memastikan proses pembayaran lebih cepat, akurat, nyaman dan aman daripada teknologi keuangan yang ada dengan menggunakan Teknologi Blockchain.

libra

Cryptocurrency yang paling terkenal, Bitcoin, masih diterima secara terbatas di dunia dan agar dapat berkembang dengan baik sebagai mata uang, Bitcoin perlu digunakan untuk membayar produk atau layanan. Bitcoin saat ini hanya digunakan dan tersebar pada sebagian kecil populasi dunia. Libra, di sisi lain, akan langsung tersebar ke 30% dari populasi dunia, jika berhasil. Itu akan menjadi poin penting untuk adopsi massa aset digital.

Baca juga, Asal usul hari anak nasional di Indonesia

Sebuah survei dilakukan oleh LendEDU dengan 1.000 orang dewasa Amerika dan telah mengumpulkan hasil . Para peserta ditanya apakah mereka telah berinvestasi atau sedang ingin menginvestasikan dananya dalam Cryptocurrency dan 91% atau 910 orang telah menjawab “Tidak”. 18% dari 910 ini menjawab “Ya”.

Ketika ditanya apakah mereka akan tertarik berinvestasi di Cryptocurrency Facebook dan dari jumlah itu, 57% memilih untuk melakukannya karena mereka mempercayai perusahaan seperti Facebook mampu memberikan produk yang dapat diandalkan.

Menurut The Verge, Facebook juga berencana untuk menginstal terminal seperti ATM bagi orang-orang untuk mengelola koin Libra mereka saat bepergian.

Mereka adalah sarana transaksi yang stabil dan aman, bertujuan untuk meniru mata uang tradisional yang stabil. Ini adalah mata uang digital yang dijaminkan dengan nilai aset atau komoditas apa pun yang mendasarinya. Banyak Stablecoin dipatok pada rasio 1: 1 dengan mata uang tertentu, seperti dolar AS atau Euro, yang dapat diperdagangkan di bursa. Oleh karena itu, Stablecoin tidak tunduk pada volatilitas harga ekstrem yang dipengaruhi oleh cryptocurrency lainnya.

Gimana guys? Tertarik berinvestasi atau menggunakan Libra kedepannya?

Silahkan berikan tanggapan sobat MSP dibawah ini !!!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *