Membanggakan! ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ Masuk Nominasi Oscar

0

MSP Mall – Sempat dilarang diputar di Indonesia, kini film besutan Garin Nugroho mendulang sukses di kanca Internasional. ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang Academy Awards atau Oscar 2020 untuk nominasi Best International Feature Film. Bersama film dari negara-negara lainnya.

Film tersebut terinspirasi dari kisah hidup penari Lengger, Rianto. Berkisah tentang perjalanan hidup Juno (Raditya Evandra dan Muhammad Khan) dari mulai kecil hingga dewasa. Dengan latar sebuah desa di Jawa, film tersebut banyak mengangkat soal tari Lengger. Meski berlatar tradisi, tetapi Garin Nugroho yakin film tersebut masih bisa terasa relevan bagi khalayak mancanegara.

Tak hanya mengangkat cerita psikologis tentang bagaimana trauma masa kecil bisa terbawa hingga dewasa, film ini juga lekat dengan unsur budaya Indonesia, mulai dari memperkenalkan Tari Lengger asal Banyumas hingga kisah Warok dan Gemblak asal Ponorogo, Jawa Timur.

Usut punya usut, Ini bukan kali pertama film garapan Garin mewakili Indonesia di ajang bergengsi tersebut. Sebelumnya pada ‘Daun di Atas Bantal’ (1998) juga dikirim ke Oscar untuk mewakili Indonesia. Garin Nugroho mengatakan ada banyak faktor yang dapat menentukan berhasil tidaknya sebuah film.

Ada 92 film yang harus ‘disingkirkan’ oleh garapan Garin Nugroho tersebut. Ada tiga film yang punya citra bagus di antaranya ‘Atlantics’ dari Senegal, ‘Les Miserables’ garapan sutradara Prancis, ‘Pain and Glory’ dari Spanyol dan tentu saja ‘Parasite’ dari Korea Selatan.

Dari 93 film, 10 bakal dipilih lalu diumumkan pada 16 Desember. Nominasi dalam semua kategori akan diumumkan 13 Januari 2020, dan Oscar ke-92 akan diadakan 9 Februari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *