Menghemat Keuangan Anda Di Bulan Ramadhan

0

Bulan Ramadhan adalah bulan yang spesial bagi Umat Muslim. Teman-teman pastinya ada yang mulai merubah jam kerja, mengatur pola makan, pola tidur dan harusnya pola pengeluaran uang. Selama bulan puasa, gak sedikit orang yang mengeluh kalau pengeluarannya lebih banyak dibanding hari-hari biasa. Pasalnya, saat bulan Ramadhan banyak sekali jajanan buka puasa yang sangat menggugah selera. Belum lama ajakan buka bersama dari teman TK sampai kerja

Pada saat bulan Ramadhan, berbagai harga barang kebutuhan pokok melonjak. Pengeluaran kita menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasa. Belum lagi kalau ada tawaran berbuka puasa di luar dengan sampul “reuni”, yang tadinya kita berpikir bisa menghemat pengeluaran karena intensitas makan berkurang malah kecolongan dengan berbagai hal yang di luar dugaan kita. Hal ini tentu menjadi sedikit masalah bagi kita, sebab kita harus siap dan rela berbelanja lebih mahal tapi mendapatkan kebutuhan dalam jumlah yang relatif sedikit.

Akan tetapi, bukan hal yang mustahil juga untuk mengendalikan pengeluaran selama bulan puasa agar tetap berada di dalam track normal. Banyak orang mengira, dengan mengurangi budget makan siang, seharusnya pengeluaran bulanan makin kecil. Padahal, pengeluaran di Bulan Ramadhan bisa jadi lebih besar, karena harga-harga mulai mengalami kenaikan, ada biaya untuk buka bersama (makan luar lebih sering dibanding hari biasa) dan ada biaya untuk mudik. Anda bisa lho mudik tanpa utang, jika memang sudah dipersiapkan dengan baik. Nah untuk bisa menghemat keuangan anda di bulan Ramadhan ini anda boleh mengikuti beberapa tips berikut ini.

Kurangi Berbuka Puasa Diluar

ramadhan

Pada bulan seperti ini, undangan Buka Bersama rasanya menjadi hal yang akan sangat sering Anda dapatkan. Mulai dari reuni teman TK, SD, SMP, SMA, kuliah, hingga beberapa tempat kerja di mana Anda sempat mengabdikan diri. Kalau Anda tidak bisa menahan godaan tersebut dan mengiyakan semua tawaran, jangan heran jika di akhir bulan Anda hanya bisa berteriak maupun menangis karena pengeluaran Anda menjadi berkali-kali lipat lebih besar dibanding bulan biasa.

Nah hal yang harus kamu lakukan adalah mengatur jadwal berbuka puasa dengan baik. Usahakan untuk berbuka puasa dan memilih menu makanan di luar sesuai dengan bujet kamu. Bawa sendiri minuman air putih agar lebih hemat. Selain itu, kamu juga bisa bukber menggunakan dompet digital yang lagi menjadi tren pembayaran saat ini, di samping kartu debit dan kartu kredit. Contohnya saja OVO, Go-Pay, DANA, LinkAja, dan lainnya yang memberikan banyak promo di Ramadan, seperti cashback. 

Membuat Cemilan Sendiri dari Rumah

Lapar mata kerap menyiksa kaum hawa, terutama ketika sedang berbelanja di toko. Apalagi pada saat bulan puasa, berbagai susunan kue tiba-tiba menjadi begitu menarik mata dibandingkan di bulan biasa. Kalau tidak tahan, akhirnya kue tersebut dibeli tanpa tahu siapa yang akan menghabiskannya nanti. Memang pada bulan seperti ini, hal-hal biasa cenderung terlihat sebagai godaan. Hal ini juga berdampak pada pengeluaran Anda. Yang tadinya akan digunakan untuk membeli kebutuhan lain jadi berbelok untuk membeli kue. Padahal Anda juga tahu bahwa harga kue tersebut sudah dinaikkan mengingat pada bulan Ramadhan banyak orang yang mulai memesan kue kering sebagai salah satu rangkaian parcel.

Kalau memang Anda sangat menginginkan kue sementara pengeluaran Anda sangat terbatas, siasati dengan cara membuatnya sendiri. Di zaman internet ini, informasi apapun bisa Anda temukan. Cobalah mencari resep kue kering yang Anda inginkan dan buat sendiri kue tersebut. Hal ini akan memuaskan Anda tanpa membuat pengeluaran Anda membengkak.

Membuat Perencanaan Anggaran Bulanan Yang Konsisten

ramadhan

Karena Ramadan berlangsung selama satu bulan penuh. Kamu bisa menyiapkannya sejak jauh-jauh hari. Salah satu langkah persiapan yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyusun jadwal aktivitasmu selama Puasa, termasuk juga untuk lebaran. Jika kamu berencana untuk mengunjungi suatu tempat, maka pikirkan berapa budget yang akan kamu keluarkan. Selain itu kamu juga bisa menyusun daftar menu yang akan kamu santap saat buka puasa.

Saat memasuki Bulan Ramadhan, beberapa biaya akan mengalami kenaikan. Usahakan agar Anda dapat menyiapkan kebutuhan-kebutuhan lebaran sedini mungkin. Buatlah daftar-daftar pengeluaran, misal Anda ingin membeli parcel lebaran, pakaian baru, maknan riangan atau lainnya. Biasakan untuk mencatat menu sahur dan berbuka. Dengan begitu, kamu menjadi lebih jelas saat berbelanja bahan makanan dan terhindar dari sifat boros.  

Manfaatkan promo atau diskon yang ada saat belanja, ini akan membuat pengeluaran kamu saat belanja lebih hemat. Apabila tidak terbiasa belanja untuk keperluan sebulan, upayakan untuk belanja mingguan dan selalu membawa catatan apa saja yang perlu kamu belanjakan. Nah untuk promo dan diskon ini kamu bisa menemukannya di mymspmall.id, semua yang kamu butuhkan di saat puasa bisa kamu temukan dengan harga spesial dan Gratis Ongkos Kirim.

Jadi tunggu apa lagi manfaatkan semua promo yang tersedia untuk menghemat biaya pengeluaran kamu di bulan Ramadhan ini, Semoga artikel dari MSP Mall ini bermanfaat ya. Baca juga, Trend Gaya Rambut Yang Booming di Tahun 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *