Perlombaan Yang Sering Diadakan Saat 17 Agustusan

0

Halo sobat-sobat MSP. MERDEKA!!!!! Ga terasa Indonesia uda berumur ke 74! Merdeka versi kamu itu seperti apa? Bagi mimin ya merdeka dari kemiskinan, kebodohan, KEJOMBLOAN ahahaha dan merdeka dapat makan banyak sekali tanpa takut gemuk dan kolestrol. Jadi setiap 17 Agustus itu, pasti banyak sekali perlombaan yang meriah yang diadakan! Kayak kantor mimin juga banyak tuh perlombaan, namun apakah kamu tau asal usul perlombaan 17 Agustus? Ayuk kita simak bareng2 yang dilansir dari banyak sumber.

  1. Lomba Egrang

Meski mimin belum pernah melihat atau bermain egrang secara langsung, namun mimin yakin kamu pasti tahu permainan dari bambu yang satu ini bukan? Lomba egrang adalah salah satu tradisi lomba 17 Agustus yang sangat digemari, karena sensasi uniknya saat menaiki pijakan yang tinggi dan harus mencapai garis finish dengan cepat, ternyata pada awalnya egrang diciptakan untuk mengejek kolonialisme Belanda yang terkenal dengan tubuhnya yang jangkung. Orang Indonesia pun menggunakan egrang agar terlihat tinggi seperti orang Belanda.

Ini juga mengajarkan kamu untuk selalu memiliki kepercayaan pada diri sendiri. Karena apabila kamu melangkah dengan ragu-ragu, maka kamu akan terjatuh. Sama halnya dengan hidupmu, kamu harus percaya pada dirimu sendiri di setiap langkah. Jangan biarkan keraguan membuatmu menyesal dalam hidup kamu sendiri.

  1. Lomba balap karung

Lomba balap karung adalah salah satu lomba 17 Agustus yang paling banyak ditunggu-tunggu! Seru rasanya melihat orang melompat-lompat dengan karung goni untuk mencapai garis finish.

Kemeriahan lomba balap karung ternyata terinspirasi dari kehidupan rakyat Indonesia ketika di jaman penjajahan Jepang. Dahulu, karena keadaan ekonomi yang buruk, rakyat Indonesia biasa mengenakan karung goni kemana-mana.

  1. Lomba makan kerupuk

Kamu pasti pernah merasakan betapa susahnya menangkap dan menggigit kerupuk dalam lomba yang digelar di sekolah atau di lingkungan rumahmu! Tradisi lomba makan kerupuk berasal dari keadaan rakyat Indonesia yang masih belum memiliki kemampuan ekonomi yang baik setelah zaman penjajahan. Keadaan tersebut membuat kerupuk menjadi bagian dari lauk pauk yang menjadi simbol pangan.

  1. Lomba tarik tambang

Sejak dulu, lomba tarik tambang mengajarkan rakyat Indonesia tentang pentingnya kebersamaan dan persatuan Indonesia. Istilahnya, “Bersatu kita kuat, bercerai kita runtuh”. Setiap tim ditantang untuk menyatukan tenaga dan pikiran, serta memberikan yang terbaik agar timnya bisa menang. Soalnya, kalau ada satu anggota saja yang menyerah, maka bisa dipastikan tim tersebut akan kewalahan untuk menarik tali tambang yang berat.

  1. Lomba panjat pinang

Lomba panjat pinang sering dijadikan sebagai acara puncak untuk menutup rangkaian lomba 17 Agustus. Cara bermainnya yang menarik dan memerlukan kelincahan serta kerja sama antar para peserta pun membuatnya menjadi sebuah lomba spektakuler yang pas untuk mengakhiri kemeriahan perayaan kemerdekaan. Awalnya, lomba panjat pinang diadakan para pejabat Belanda ketika mereka mengadakan acara kawinan atau hajatan. Mereka menaruh hadiah-hadiah di atas pohon pinang dan memperlombakan rakyat Indonesia agar bisa menjadi atraksi yang menarik dan mengundang tawa dari para undangan.

perlombaan

Tapi seiring dengan berjalannya waktu, tentu panjat pinang bukan lagi dilihat sebagai perlombaan yang menghina rakyat Indonesia, melainkan permainan rakyat yang seru untuk menguji kreativitas dan kerjasama.

Nah, itu dia 5 lomba 17 Agustus yang kerap kita ketahui di sekitar kita. Gimana? Sobat MSP ikutan yang mana? Oh iya, kamu bisa membeli kebutuhan 17-an juga di mymspmall.id kok, seperti sepatu nyaman dan sarung tangan untuk tarik tambang, sembako untuk panjat pinang, kerupuk-kerupuk untuk lomba kerupuk. Baca juga, Mau Tau Tentang Bulan Hantu dalam Tradisi Tiongkok

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *