Profil dan Sesi Pemakaman Alm Presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie

0

Perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019. Menurut Thareq Kemal Habibie, ayahnya Informasi mengenai Habibie meninggal dunia disampaikan putra Habibie, Thareq Kemal. Diketahui, Habibie telah menjalani wafat karena faktor usia dan masalah pada jantungnya. “Karena penuaan itu, organ-organ tubuh mengalami degradasi, menjadi tidak kuat lagi, jantungnya menyerah,” kata Thareq Kemal.

Habibie telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019.Keponakan Habibie, Rusli Habibie, menyebutkan bahwa seluruh keluarga dekat sudah dipanggil dan berkumpul di Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat

Prosesi pemakaman Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie dibawa anggota Pasukan Paspampres di kediaman, Jalan Patra Kuningan XII/3, Jakarta. Jenazah kemudian diberangkatkan ke Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk dimakamkan.

Secara terpisah, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, BJ Habibie akan dimakamkan di samping makam istri tercintanya, Hasri Ainun Besari.

Pratikno mengatakan pihak Istana sudah berkoordinasi dengan Garnisun TNI untuk mengatur upacara pemakaman Presiden ke-3 RI tersebut secara kemiliteran. Proses pemakaman Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie dimulai pada Kamis (12/9/2019) pukul 12.30 WIB. Pemakaman dimulai dengan penyerahan jenazah BJ Habibie dari keluarga kepada negara. Jenazah dibawa dari dalam kediaman BJ Habibie di Jalan Patra Kuningan XII/3, Kuningan, Jakarta Selatan oleh sejumlah anggota Pasukan Pengamanan Presiden berseragam merah.

Para anggota Paspampres membawa jenazah BJ Habibie dalam peti yang diselimuti kain Merah Putih. Dari pihak keluarga, putra BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie menyerahkan jenazah ayahnya. Sedangkan, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman mewakili negara untuk menerima jenazah BJ Habibie. “Saya atas nama pemerintah dan semua yang hadir di sini mengungkapkan duka cita sedalam-dalamnya,” kata Anwar Usman, memulai prosesi pemakaman.

Setelah ini, prosesi dilanjutkan dengan pemberangkatan jenazah dari rumah duka menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan sekitar pukul 13.00 WIB. Prosesi terakhir, upacara pemakaman jenazah di TMP Kalibata diagendakan pukul 13.30 WIB. Upacara akan dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo sebagai inspektur upacara.

Selamat jalan Pak Habibie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *