Apa Itu Virtual Reality Portal Masuk Dunia Lain

1

Salah satu tren yang menarik saat ini adalah virtual reality atau biasa disingkat VR. Virtual reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Di dalam bahasa Indonesia virtual reality dikenal dengan istilah realitas maya.

Kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat manusia semakin kreatif pula untuk menciptakan berbagai macam teknologi yang dapat membuat penggunanya merasakan dunia virtual dengan lebih nyata. Virtual reality ini bisa dibilang seperti portal dunia lain yang tampak seperti dunia nyata dan di dunia lain ini disuguhkan tampilan yang sangat memukau.

Kelebihan utama dari VR adalah pengalaman yang membuat user merasakan sensasi dunia nyata dalam dunia maya. Bahkan perkembangan teknologi saat ini memungkinkan tidak hanya indra penglihatan dan pendengaran saja yang bisa merasakan sensasi nyata dari dunia maya dari VR itu sendiri, namun juga indra yang lainnya. Sebuah sistem VR biasanya dilengkapi dengan berbagai peralatan yang mendukung agar penggunanya lebih merasakan sensasi lingkungan buatan tersebut, misalnya dengan menggunakan headset dan berbagai macam properti fisik lainnya yang bergantung pada detail lingkungan pada virtual reality tersebut.

Mudahnya, teknologi ini memunculkan gambar-gambar tiga dimensi yang di bangkitkan oleh komputer, dan terlihat nyata dengan bantuan sejumlah peralatan tertentu. Sebenarnya cara kerja virtual reality ini adalah melakukan manipulasi dengan otak manusia hingga hal-hal yang tidak nyata terasa seperti nyata. Dengan begitu kamu akan merasa masuk ke dunia virtual sehingga tak perlu lagi bersentuhan dengan dunia nyata. Nah jika kamu ingin masuk ke dunia realitas virtual, kamu membutuhkan alat tempur headset VR seperti Oculus Rift atau Samsung Gear VR.

Teknologi VR sejatinya telah banyak diterapkan di beberapa sektor industri seperti kedokteran, penerbangan, pendidikan, arsitek, militer, hiburan dan lain sebagainya. Realitas Virtual ini sangat membantu dalam mensimulasikan sesuatu yang sulit untuk dihadirkan secara langsung dalam dunia nyata. Seperti halnya untuk bidang militer, alih-alih menerjunkan langsung para tentara ke medan perang sebagai latihan, virtual reality bisa menghadirkan simulasi perang secara virtual. Para tentara bisa merasakan sensasi berada di medan perang secara nyata dengan virtual reality. Tentunya ini bisa lebih praktis dan lebih ekonomis.

virtual reality

Untuk memunculkan sensasi nyata dari realita virtual diperlukan perangkat pendukung. Perangkat yang digunakan untuk mendukung teknologi virtual reality biasanya berupa helm, walker, headset, suit dan sarung tangan (glove). Perangkat-perangkat tersebut bertujuan untuk melibatkan sebanyak mungkin indra yang dimiliki manusia. Tentunya dengan banyak indra yang terlibat dalam vertual reality akan berbanding lurus dengan tingkat sensasi nyata dari dunia virtual yang dimunculkan. Untuk mendapatkan berbagai perangkat dalam Dunia Virtual kamu bisa mengunjungi mymspmall.id

Karena MSP Mall menjual berbagai perangkat VR terbaik dan terlengap. Tunggu apa lagi belanja sekarang untuk mendapatkan pengalaman di dunia virtual yang kamu inginkan. Baca juga, Cara Bijak Menggunakan Uang THR Anda Agar Berguna

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *