Wah, Ada Ulos Terpanjang di Dunia Pada Perayaan Hari Ulos Nasional

0

MSP Mall – Parade Ulos Sadum sepanjang 500 meter menjadi pusat perhatian pada perayaan Hari Ulos Nasional 2019, sebanyak puluhan anak sekolah yang bersal dari siswa HKBP Sidorame dan warga bersuku Batak, mengelilingi Lapangan Merdeka Medan yang juga merupakan lokasi utama perayaan Hari Ulos Nasional, Kamis (17/10).

Tak khayal, ulos terpanjang di dunia itu pun mencuri perhatian warga yang sedang melintas. Kegiatan ini juga menyuguhkan komposisi dari tampilan visual dan bunyi-bunyian. Karnaval ini akan menjadi ajang ekspresi kegembiraan seluruh warga masyrakat merayakan Hari Ulos Nasional.

Usut punya usut, Ulos saat ini telah ditetapkan menjadi warisan budaya tak benda. Status tersebut ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tanggal 17 Oktober 2014. Sejak itu setiap tanggal 17 Oktober dirayakan sebagai hari ulos nasional.

Bagi masyarakat Batak, kain ulos bukan sekadar hasil kerajinan tenun. Ditambah lagi dengan kebiasaan para leluhur suku Batak yang selalu memilih ulos untuk dijadikan hadiah atau pemberian kepada orang-orang yang mereka sayangi.

Ada banyak jenis ulos dengan fungsi yang berbeda-beda. Ulos memiliki makna kehidupan dan representasi semesta alam. Ulos juga simbol restu, kasih sayang dan persatuan. Dari segi warna ulos memiliki tiga warna dasar, yakni Putih, Hitam dan Merah. Ulos sendiri memiliki motif dan corak hampir sama, yaitu motif berliku-liku mirip gambar gelombang suara yang naik turun. Dari segi makna dan fungsi, ulos Bintang Maratur ini memiliki fungsi yang berbeda sesuai daerah masing-masing.

Nah, di MSP Mall sendiri menyediakan banyak kreasi ulos yang sudah dibuat menjadi beberapa barang unik, semisal tas bermotif ulos atau pun dompet untuk keperluan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *