Wah, Pemerintah Akan Godok Peraturan Otoped Listrik dan Skuter Listrik

0

MSP Mall – Dijalanan ibu kota memang sudah ramai yang menggunakan otoped listrik, bahkan Grab sudah menyediakan layanan sewa untuk umum atau disebut juga dengan GrabWheels. Di Jakarta, Grab Indonesia bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. dalam penyediaan stasiun GrabWheels. Stasiun GrabWheels hasil kerja sama tersebut didirikan di Taman Kantor pusat BRI.

Untuk sementara GrabWheels hanya bisa dinikmati dibeberapa titik saja, karena untuk bisa berpacu di jalan umum perlu regulasi untun mengaturnya.  Layanan transportasi jarak dekat ini kini telah ada di 7 wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Penasaran dan ingin mencoba menyewanya, Anda hanya perlu mengeluarkan gawai, lalu hanya dengan scan QR code melalui fitur eScooter di aplikasi Grab. Tarifnya pun murah, hanya Rp 5 ribu per 30 menit. Tak hanya otoped listrik, rencananya Dinas Perhubungan DKI akan menyiapkan regulasi untuk penggunaan skuter dan sepeda listrik yang tengah marak digunakan saat ini.

Kenapa harus dibuat aturan? Sebab, belakangan para pengguna GrabWheel mulai meresahkan masyarakat. Puncaknya, ketika ada JPO yang lantainya rusak akibat dilintasi skuter listrik. Lapisan lantai JPO tampak terkelupas dan ada bekas-bekas ban.

Usut punya usut, Sebelum Jakarta beberapa negara sudah membuat aturan ketat terkait penggunaan skuter listrik ini. Singapura adalah salah satu negara yang saja membuat aturan ketat soal penggunaan skuter listrik. Para pelanggar akan menghadapi hukuman penjara hingga dua bulan dan denda maksimum sebesar 2.000 dolar Singapura (sekitar Rp 20 juta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *