Tips Puasa Sehat Yang Dianjurkan Saat Bulan Ramadhan

0

Puasa di Bulan Ramadhan

Disaat bulan Ramadhan ini waktunya umat muslim di seluruh dunia wajib untuk berpuasa. Dengan menahan lapar dan haus kurang lebih selama 12 jam, dan jika puasa diterapkan dengan benar akan membuat dampak positif bagi kesehatan. Nah kali ini MSP Mall memberikan beberapa tips berpuasa yang sehat supaya puasanya bisa full sebulan dan selalu bugar,

  • Upayakan Banyak Minum Air

Minum Air adalah hal terpenting yang harus diatasi dalam puasa Ramadhan. Sebelum dan sesudah berpuasa, ingatlah untuk meminum air dalam jumlah besar. Kebutuhan hidrasi tubuh minimal adalah 1,5liter per hari yang tidak dapat ditawar. karena tubuh kita sebagian besar adalah air dan kalau kurang kita bias lemas dan tak bertenaga saat menjalankan ibadah puasa, jadi saat sahur dan buka perbanyak porsi minum airnya ya.

  • Proporsional dalam berbuka

Meskipun puasa dimulai dari matahari terbit sampai terbenam, sebaiknya Anda tetap makan tiga kali sehari: yang pertama saat bersahur, yang kedua saat berbuka dan yang ketiga sekitar 2 atau 3 jam setelah berbuka. Untuk menjaga gizi tubuh anda. Hindari kebiasaan berbuka dalam porsi besar. Mulailah dengan sup, kolak atau makanan pembuka lain dan tunggu sesaat sebelum memakan makanan besar.

Karena Makanan yang berlebih selain mengganggu metabolisme tubuh justru menyebabkan ngantuk dan akan menganggu saat shalat tarawih. Buka puasa seharusnya tidak identik dengan makan berlebihan.

  • Kurangi Penggunaan Tenaga Fisik Yang Berlebih

Untuk pekerja lapangan dan juga atlet harus lebih ekstra hati-hati untuk tidak bekerja dan berolahraga terlalu keras selama bulan Ramadhan. Kalau ingin berolahraga, lakukanlah secara tidak intensif di sore hari sebelum saat berbuka.

Apabila situasi memungkinkan, tidurlah sesaat saat siang hari untuk mengumpulkan energi dan hindari sinar matahari untuk mencegah dehidrasi.

  • Atur Pola makan Kita Saat Sahur

Disaat bersahur, makanlah buah-buahan untuk vitamin dan sumber karbohidrat seperti nasi dan ubi-ubian yang dapat bertahan sampai berbuka puasa. Usahakan untuk bersantap sahur mendekati saat imsak.

Dan bagi penderita diabetes Monitor gula darah anda dan jaga tubuh dari dehidrasi dan ingat untuk tidak makan yang manis-manis tanpa nasihat medis.

  • Cek Kesehatan Rutin Bagi yang memiliki masalah kesehatan

Pada umumnya orang yang lemah fisik tidak wajib untuk berpuasa : Ibu hamil atau menyusui, lansia, pasien hipertensi, penyakit jantung atau asma. Tetapi bila tetap berpuasa, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter jika merasakan tanda-tanda gangguan kesehatan. Coba untuk pergi ke dokter sebelum dan sesudah Ramadhan. Apabila anda sedang dalam pengobatan cobalah meminta saran dari dokter dan ustadz karena anda tidak harus berpuasa Ramadan jika hal itu membawa risiko pada kesehatan mereka.

  • Membatalkan Puasa Jika Ada Masalah Kesehatan

Bila Anda mengalami masalah medis selama sehari dan tidak dapat pulih dengan cepat, mungkin sebaiknya Anda tidak berpuasa sehari atau lebih. Anda dapat mengganti Hari-hari di mana Anda tidak berpuasa dapat diganti sebelum Ramadhan berikutnya. Kesehatan tetap perlu dijaga.

Nah itu dia beberapa tips penting yang bisa kita lakukan disaat puasa di bulan ramadhan ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Baca juga, E-Voucher di penjualan online saat ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *